Profil Saya

Apa beda statistik dengan klenik yang mistis? Statistik bisa dibuktikan benar/salah sementara klenik yang tidak bisa dibuktikan benar/salah. Misalnya saya ngaku titisan Haryo Penangsang adipati Jipang Panolan dan Esbeye adalah titisan kucing. Ini tidak bisa dibuktikan. Statistik yang menyatakan bahwa 7-8 dari jawara bursa adalah jamapa bisa dibuktikan benar sekaligus salah. Cokro Manggilingan bukan mistik bukan klenik karena bisa dibuktikan benar/salah. Nujuman bahwa 10 tahun +/-2 sejak 2008 akan terjadi krisis bisa dibuktikan benar/salah.

Kesulitannya adalah menentukan kjapan dan seberapa parah atau seberapa tinggi melambung. Ada tifa bentuk Cokro Manggilingan, yaitu siklus normal, menceng kiri (negative skew) atau menceng kanan.
Sejarah menunjukkan bahwa yang banyak terjadi adalah menceng kanan. Masa resesi lambat, pemulihan datar2 saja, tiba2 whoooop, ... naik tajam dan .... bregggg ... jatoh :-(. Karena sulit menujum maka angka siklus 10 hanyalah ancar2, yang sebenarnya angka ngawur sebab events, termangsuk peristiwa2 ekonomi sifatnya acak, sulit ditebak. Tak ada rotan, akarpun jadilah. Angka 10 mungkin salah tetapi paling tidak kita lebih sadar akan adanya fenomena Cokro Manggilingan, dan siap. Sedia payung sebelum hujan.



No comments:

 

Friends

About Us

Sarwo Nyolowadhi Copyright © 2009 BeepTheGeek is Designed by Gaganpreet Singh